Bedah buku Perdana dikampus 4 ung

Oleh: Bambang Irawan . 12 Maret 2020 . 08:00:00

Dalam rangka mewujudkan agenda perdana Perpustakaan Pusat UNG menyelenggarakan Bedah Buku yang dilaksanakan Panitia Pelaksana pada hari kamis tanggal 12 Maret 2020 pukul 09.00 Wita bertempat dilantai 4 Gedung Perpustakaan Pusat UNG. Pada kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 3 Ibu Karmila Mahmud,S.Pd.MA, PHd. Kegitan ini dihadirio oleh Wakil Rektor 4 Bapak Prof.Dr Ifan Haris, Pimpinan Fakultas dilingkungan UNG, Dinas terkait seperti Kepala Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan Bone Bolango, Kabid Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Organisasi FPPT Provinsi Gorontalo, Organisasi IPI Gorontalodan Mahasiswa.

Dalam Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih seratus undangan sehingga memberikan kesan kegiatan ini direspon positif bagi kalangan sivitas akademika dan pemerintah daerah dilingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo.sambutan Ketua Panitia Pelaksana kegiatan membacakan laporan pelaksana kegiatan bedah buku yang disampaikan oleh Bapak Roni Lukum,S.Pd,M.Sc sebagai ketua pelaksana. Dalam isi laporan kegiatan ini dipaparkan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan bedah buku. Yang menarik dalam penyampaian laporan tersebut adalah kegiatan bedah buku ini dilaksanakan mengilhami Visi Misi Rektor UNG Periode 2019/2023, dimana perpustakaan dijadikan sebagai basis pengembangan ilmu pengetahuan melalui hasil riset dosen khususnya riset yang ada dikawasan Toluk Tomini. Dengan demikian Ketua panitia berharap seluruh hasil-hasil riset dan pengabdian masyarakat di UNG yang dikelola oleh LP3M dapat dipublikasikan di Perpustakaan Pusat UNG, karena alasannya lembaga LP3M sudah mengupayakan melalui jurnal ilmiah, tetapi dirasa belum cukup memadai didalam publikasi kepada masyarakat. Artinya banyak hasil penelitian dan pengabdian dosen hanya digudangkan di LP3M UNG, tidak terpublikasikan secara total pada masyarakat dan Pemda dilingkungan pemerintahan Provinsi Gorontalo. Perpustakaan Pusat UNGlah yang akan menindaklanjuti hasil-hasil riset dari dosen yang akan dipublikasikan kepada masyarakat dengan target Out Put pelakasanaan bedah buku adalah mengahasilkan buku refrensi yang nantinya akan dibaca dan dimanfaatkan untuk membangun daerah.

Selanjutnya ibu Karmila Mahmud, S.Pd,MA,PHd mewakili rektor UNG memberuikan sambutan yang diawali dengan historical Perpustakaan UNG dengan hubungan psikologi. Dimaa perpustakaan sangat berkesan pada diri WR 3, ternyata ayah dari WR 3 mantan Pustakawan yang banyak memberikan kontribusi melayani perpustakaan sebagai pusta belajar mahasiswa. Beliau menyampaikan perpustakaan saat ini sudah sangat baik hal ini dilihat dari fasilitas yang ada, sehingga dapat disamakan kelas perpustakaan Internasional. Dal;am sambutannya WR 3 merespon positif apa yang menjadi inisiasi dari kepala perpustakaan Pusat UNG dalam menggagas bedah buku dengan format berbeda, dimana yang dibedah bukunya baru 60% s/d 90% . sebelumnya kegiatan bedah buku yang dibedah sudah buku yang ada ISBNnya. Sehingga beliau mendukung kegiatan ini, bukan cumin itu respon WR 3 pun pada kegiatan mahasiswa dalam menulis menghasilkan karya buku. Sehingga menurut WR 3 kegiatan ini singkron dengan kegiatan program WR 3 pada kegiatan pelatihan penyususnan buku bagi mahasiswa UNG. Selain itu wakil rektor 3 berharap perpustakaan Pusat UNG tidak hanya melakukan kegiatan bedah buku yang dilaksanakan, tetapi juga kegiatan pemutaran film pendidikan dan kegiatan pameran pendidikan dari seluruh perpustakaan yang ada di daerah Gorontalo menampilkan hasil-hasil refrensi yang ada di perpustakaan dapat diselenggarakan di Perpustakaan Pusat UNG sebagai pusat belajar bagi masyarakat. Sehingga stile perpustakaan benar-benar memilki sebagai fungsi centerpoin atau meetigpoin dalam menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar. Namun beliau memberikan apresesiasi pada tema kegiatan bedah buku memulainya dengan melibatkan pemda dalam memanfaatkan perpustakaan UNG dalam mendiskusikan hasil-hasil penelitian dosen yang nantinya akan menjadi buku refrensi bagi masyarakat dan pemda dalam memb angun daerah. Selanjutnya WR 3 membuka acara bedah buku dengan tema:”Peran Perpustakaan Pusat UNG Dalam Membangun Daerah Melalui Hasil Riset Sebagai Karya Akademik Dosen dilingkungan Universitas Negeri Gorontalo Demi Mewujudkan UNG Yang Unggul Dan Berdaya Saing”.

Agenda

23 Oktober 2019

OBROLAN BUKU

Revolusi Sehari-hari Aspirasi Pendidikan dan paradoks perubahan yang akan dilaksanakan:
pada hari : Rabu,23 Oktober 2019
Pukul : 09.00 wita
Dilaksanakan di Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Gorontalo

30 September 2019

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971,dengan tema " Ke Gorontaloan Dalam Dokumentasi "
Yang akan dilaksanakan pada hari senin 30 september 2019 pukul 14.00- 17.00 wita yang bertempat di gedung UPT-Perpustakaan lantai II .

16 September 2019

Bincang sekaligus Peluncuran Buku "Tupalo" Kata dan Rupa Gorontalo.

Yang diadakan di UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo Senin, 16 September 2019 Pkl.15.00-17.30 wita Pematik Diskusi Budianto Sidiki ( Kepala Bapeda Provinsi Gorontalo ), Wayan Sariyoga parta (Kurator), Alim S.Niode ( Budayawan), Muhammad Djufryhard ( Moderator )

17 Agustus 2019

OBROLAN BUKU

Kebangsaan, Keterasingan, dan Kencendekiaan Sultan Sjarir, 1909 - 1996yang akan dilaksanakan Pada Tanggal 17 Agustus 2019 Pukul 09.00 wita bertempat Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo