FDG PERPUSTAKAAN PUSAT UNG DENGAN PIMPINAN PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO MELALUI GARING GOOGLE MEET PEMBUATAN RANCANGAN PERSIAPAN “NEW NORMAL”

Oleh: Bambang Irawan . 13 Juni 2020 . 13:00:00

  

FDG PERPUSTAKAAN PUSAT UNG DENGAN PIMPINAN PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO MELALUI GARING GOOGLE MEET PEMBUATAN RANCANGAN PERSIAPAN “NEW NORMAL” DENGAN PROTOKOL KESEHATAN COPID 19 Oleh : Roni lukum,S.Pd,M.ScSumber : Hubmas dan Publikasi Perpustakaan Pusat UNG Gorontalo : Juni 2020

Sebagai tindak lanjut pembahasan Panduan Protocol kesehatan copid 19 menghadapi “New Normal”Perpustakaan Pusat UNG telah mempersiapkan panduan Perpustakaan. Panduan ini disempurnakan dengan kegiatan Forum Discusion Grouf yang dilaksanakan pada tanggal Juni 2020 hari Sabtu pukul 10.00 wib dan dibuka secara resmi oleh bapak Rektor UNG DR.H.Edwort Wolok,ST,MT. Dalam sambutan rektor menyampaikan kepada pihak perpustakaan Pusat UNG sangat berterimah kasih terselenggaranya FDG pembahasan Panduan Perpustakaan Pusat UNG dengan beberapa strategi pelayanan perpustakaan pada mahasiswa dan masyarakat yang menggunakan layanan perpustakaan dengan protocol kesehatan menghentikan penyebaran copid 19. Rektor UNG berharap perpustakaan Pusat UNG tidak berhenti melayani mahasiswa dalam situasi pandemic Copid 19. Harapannya tersebut diwujudkan beberapa masukan kepada pihak penyelenggara perpustakaan pusat UNG dengan menjadikan pelayanan perpustakaan Pusat UNG berbasis digital sehingga para pengguna layanan mahasiswa dapat mengakses dari online tanpa mengunjungi perpustakaan Pusat UNG. Mengakhiri sambutannya rektor UNG berharap pelayanan perpustakaan pusat UNG tetap dibuka namun dengan memperhatikan protocol kesehatan copid 19.

Kegiatan FDG juga dihadiri oleh Wakil Rektor I bidang Pendidikan bapak DR. Harto Malik,M.Hum dalam pemaparannya beliau berharap perpustakaan Pusat UNG akan menghadapi pola layanan non online services dan online services. Sehingga dengan konsep tersebut pihak perpustakaan Pusat UNG harus mempersiapkan model pelayanan tersebut. Misalnya pelayanan perpustakaan non online services berupa peminjaman buku. Peminjaman buku bisa terjadi mahasiswa membaca diruangan lalu kembali, ada juga yang hanya meminjam buku langsung pulang. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh pihak perpustakaan Pusat UNG. Demikian halnya dengan pelayanan berbasis online services pihak pengelola perpustakaan Pusat UNG diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa dengan sistem layanan berbasis Web, mahasiswa dapat mengakases semua yang ada dalam perpustakaan pusat UNG dapat diakses melalui website Perpustakaan UNG. Dan pada intinya bapak wakil rektor I bidang pendidikan UNG berharap layanan perpustakaan pusat UNG dapat digunakan oleh mahasiswa sekalipun dalam masa pandemic Copid 19.

 Pemaparan selanjutnya oleh kepala Perpustakaan Pusat UNG Bapak DR.Ismet Sulila,M.Si, dari bapak Kapus Pusat UNG menyampaikan apa yang sudah dilakukan sejak awal perumusan pembuatan panduan Perpustakaan Pusat UNG dengan strategi protocol kesehatan copid 19 sampai pada finalisasi draf panduan. Dalam penjelasannya Perpustakaan Pusat UNG telah siap melayani mahasiswa dengan protocol kesehatan diantaranya penyediaan website Perpustakaan Pusat UNG, mekanisme memasuki gedung perpustakaan sampai prosedur keluar perpustakaan. Pada prinsipnya perpustakaan Pusat UNG sudah siap melayani mahasiswa dalam memanfaatkan layanan perpustakaan.

Selanjutnya moderator DR Abid meminta tanggapan dari pihak yang ikut dalam FDG melalui Google meet dari unsur pimpinan fakultas dan wakil dekan I dan seluruh peserta yang ikut dalam google meet.

Tanggapan dari wakil Dekan I Tehnik ibu Pupung berharap pihak perpustakaan pusat UNG melengkapi dengan aplikasi layanan perpustakaan Pusat UNG, sedangkan dari peserta yang lain mempertanyakan bagaimana sistem layanan perpustakaan pada prosedur peminjaman dan pengembalian serta keterlambatan pengembalian buku.

Pertanyaan itu disampaikan dari ibu Ria staf perpustakaan pusat UNG.Selanjutnya pertanyaan terakhir masih dari staf perpustakaan Pusat UNG berasal dari Kabid Hubmas Perpustakaan Pusat UNG yang mempertanyakan kondisi perpustakaan pusat UNG dalam rangka pengembangan layanan perpustakaan UNG seperti penggunaan propentus alat yang dapat digunakan untuk melakukan scan buku yang telah dimiliki oleh perpustakaan Pusat UNG. Menyikapi permintaan layanan online sistem tidak dapat dilakukan karena terbentur dengan undang-undang hak cipta, sehingga perpustakaan pusat UNG memohon petunjuk untuk menggunakan penggandaan atau scan buku yang ada diperpustakaan untuk dijadikan sebagai layanan online services bagi mahasiswa. Selanjutnya pertanyaan berikutnya menyarankan apa tidak bisa perpustakaan UNG pengadaan buku tidak lagi hard copy tetapi hanya soft copy atau buku yang sudah ada pada PDF nya dari sipenulis dan penerbit supaya pihak perpustakaan dapat melayani mahasiswa melalui e-book dan tidak akan kena sanksi pidana tentang hak cipta. Disamping itu kendala perpustakaan pusat UNG dalam memaksimalkan layanan pada mahasiswa terkendala pada jaringan internet yang ada di perpustakaan Pusat UNG. Penyambungan internet diperpustakaan Pusat UNG akan menambah motivasi mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan Pusat UNG dan mempermudah staf perpustakaan dalam melakukan layanan online services kepada pihak pemustaka atau pengguna layanan perpustakaan berbasis digital.

Pertanyaan ini langsung direspon positif oleh bapak Wakil Rektor I bidang Akademik UNG Bapak DR Harto Malik,M.Hum, beliau tidak mengijinkan untuk melakukan scan kepada buku yang ada di perpustakaan Pusat UNG sebelum ada kajian yang lengkap dari pihak perguruan Tinggi, artinya harus ada kehati-hatian dalam menggunakan alat scan tersebut sebelum ada aturan hukum yang jelas. Untuk itu beliau berharap untuk tidak melakukan scan buku yang ada diperpustakaan untuk digunakan dalam website Perpustakaan UNG. Demikian halnya dengan pengadaan buku berbasis online atau soft copy untuk ditunda dan dipertanyakan dulu pada pihak rektorat UNG. Supaya kita semua tidak akan bermasalah. Pada dasarnya ide ini dapat diterima tetapi harus dibicarakan lebih lanjut ditingkat Rektorat UNG. Yang menarik dari FDG ini bapak Wakil Rektor I akan menyelenggarakan turnitin diserahkan dan dikelola pihak perpustakaan Pusat UNG dalam rangka menghindari plagiat bagi mahasiswa di UNG. Ide ini menyahuti pihak manakah yang berwewenang menyelenggarakan turnitin di UNG. Bila ide bapak Wakil Rektor I UNG menyerahkan kepada pihak Perpustakaan Pusat UNG untuk melakukan turnitin akan lebih efektif dalam pengawasan plagiat bagi mahasiswa UNG, karena UPT yang diberikan otoritas adalah Perpustakaan Pusat UNG. Pemberian otoritas terhadap turnitin kepada pihak perpustakaan pusat UNG akan menambah perangkat untuk penggunaan Turnitin yang semua ini dapat dilakukan oleh pihak perpustakaan, bila pihak rektorat mengalokasikan anggaran untuk itu.

Selanjutnya tanggapan dari bapak kepala perpustakaan Pusat UNG bapak DR Ismet Sulila,M.Si menerima segala masukan yang diberikan oleh audiensi peserta FDG via online, tetapi juga beliau menanggapi tentang penggunaan pengaktifan website Perpustakaan Pusat UNG yang sudah ada sebelumnya seperti sistem Oppac, langganan Ebsco jurnal untuk dapat diaktifkan kembali dalam rangka mengoptimalkan pelayanan yang ada di Perpustakaan pusat UNG.

Terakhir kegiatan moderator menyampaikan poin-poin penting yang berkembang di FDG dengan harapan segala saran akan diakomodir dan akan ditindaklanjuti demi pengembangan perpustakaan Pusat UNG kedepan dan sekaligus menutup kegiatan FDG pada pukul 12.30 Wib.

Agenda

23 Oktober 2019

OBROLAN BUKU

Revolusi Sehari-hari Aspirasi Pendidikan dan paradoks perubahan yang akan dilaksanakan:
pada hari : Rabu,23 Oktober 2019
Pukul : 09.00 wita
Dilaksanakan di Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Gorontalo

30 September 2019

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971,dengan tema " Ke Gorontaloan Dalam Dokumentasi "
Yang akan dilaksanakan pada hari senin 30 september 2019 pukul 14.00- 17.00 wita yang bertempat di gedung UPT-Perpustakaan lantai II .

16 September 2019

Bincang sekaligus Peluncuran Buku "Tupalo" Kata dan Rupa Gorontalo.

Yang diadakan di UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo Senin, 16 September 2019 Pkl.15.00-17.30 wita Pematik Diskusi Budianto Sidiki ( Kepala Bapeda Provinsi Gorontalo ), Wayan Sariyoga parta (Kurator), Alim S.Niode ( Budayawan), Muhammad Djufryhard ( Moderator )

17 Agustus 2019

OBROLAN BUKU

Kebangsaan, Keterasingan, dan Kencendekiaan Sultan Sjarir, 1909 - 1996yang akan dilaksanakan Pada Tanggal 17 Agustus 2019 Pukul 09.00 wita bertempat Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo