Meeting bersama Pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia( FPPTI )

Oleh: Bambang Irawan . 2 Maret 2020 . 10:30:44

                   Meeting bersama Pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia( FPPTI ) Provinsi Gorontalo yang membahas usulan yang akan disampaikan didalam Rakornas ( Rapat Kordinasi Nasioanal ) Perpustakaan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 27 Februari 2020 dijakarta.Acara meetingdiadakan diruang rapat lantai empat UPT-Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo Yang Dilaksanakan Hari Jum’at tgl 21Pebruari 2020 Pukul 14.00 wita. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Dr. Ismed Sulila ,M.Si sebagai Kepala UPT-Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo, dengan Komentator Ketua FPPTI Provinsi Gorontalo Bapak Zainuddin Ampauleng,.S.Hum.,M.Ag dan Bapak Prof.Dr.Arifin Tahir M.Si Sebagai Pembina (FPPTI).

                Tujuan dilaksanakan meeting ini dalam rangka mengakomudir permasalahan yang dihadapi oleh perpustakaan baik perpustakaan perguruan tinggi negeri dan swasta serta pengelolaan perpustakaan provinsi Gorontalo untuk dapat mendorong pelayanan perpustakaan sebagai pusat belajar , yang saat ini mengalami permasalahan terhadap minat masyrakat dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan.Di dalam meeting tersebut menetapkan beberapa rekomendasi untuk disuarakan dirakornas di jakarta antara lain :

1. Peningkatan SDM Pustakawan dalam memecahkan masalah ekslusi sosial seperti masyrakat kurang berminat pada perpustakaan ada di daerah.perpustakaan bisa mendorong masyarakat untuk menggunakan perpustakaan sebagai ilmu pengetahuan.lemahnya budaya literasi pada masyarakat menjadi masalah ekslusi sosial,sehingga itu harapannya melalui peningkatan kapacity melalui peningkatan SDM pustakawan.

2. Penambah kouta perpustakaan dengan populasi masyarakat 1: 2500,sehingga asumsi tenaga pustakawan didaerah ini belum sesuai dengan rasionalitas tersebut. Seharusnya tenaga pustakawan di daerah Gorontalo 400 tenaga pustakawan bila dipakai standart penduduk 1000.000 sehingga sesuai dengan rasio populasi masyarakat Gorontalo .

3. Penambahan koleksi buku yang terbitan lima tahun terakhir, sehingga bila dosen menghendaki buku yang dijadikan refrensi pada skripsi atau tesis lima tahun terakhir dapat dipenuhi. Dengan kondisi yang ada sekarang mahasiswa akan bermasalah bila ada kehendak dari beberapa dosen yang menginginkan penggunaan refrensi lima tahun terakhir untuk memanfaatkan buku yang ada diperpustakaan.

Dengan miting ini sebagai upayah perpustakaan dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa dan masyarakat dalam memanfaatkan perpustakaan. Semoga dengan adanya meeting ini dapat disuarakan oleh perwakilan-perwakilan dari gorontalo dan dapat diterima didalam rakornas di jakarta.

 

Agenda

23 Oktober 2019

OBROLAN BUKU

Revolusi Sehari-hari Aspirasi Pendidikan dan paradoks perubahan yang akan dilaksanakan:
pada hari : Rabu,23 Oktober 2019
Pukul : 09.00 wita
Dilaksanakan di Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Gorontalo

30 September 2019

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971,dengan tema " Ke Gorontaloan Dalam Dokumentasi "
Yang akan dilaksanakan pada hari senin 30 september 2019 pukul 14.00- 17.00 wita yang bertempat di gedung UPT-Perpustakaan lantai II .

16 September 2019

Bincang sekaligus Peluncuran Buku "Tupalo" Kata dan Rupa Gorontalo.

Yang diadakan di UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo Senin, 16 September 2019 Pkl.15.00-17.30 wita Pematik Diskusi Budianto Sidiki ( Kepala Bapeda Provinsi Gorontalo ), Wayan Sariyoga parta (Kurator), Alim S.Niode ( Budayawan), Muhammad Djufryhard ( Moderator )

17 Agustus 2019

OBROLAN BUKU

Kebangsaan, Keterasingan, dan Kencendekiaan Sultan Sjarir, 1909 - 1996yang akan dilaksanakan Pada Tanggal 17 Agustus 2019 Pukul 09.00 wita bertempat Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo