Rapat Kerja UPT- Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo 2021

Oleh: Bambang Irawan . 17 Februari 2021 . 23:00:01

                                                                        

Pelaksanaan Rapat kerja Perpustakaan UNG telah dilaksanakan pada tanggal 17 Pebruari 2021 di ruang lantai 4 Perpustakaan pada pukul 10.00 Wita yang dibuka secara resmi oleh bapak Rektor UNG dihadiri oleh pejabat teras UNG mulai dari wakil Rektor I Bidang Akademik bapak DR.Harto Malik,M.Hum, Ibu wakil Rektor II bidang administrasi dan keuangan ibu DR. Yuniarti Koniyo,MP, Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan ibu Prof.Karmila Mahmud,S.Pd, M.A.,Ph.Ddan Wakil Rektor IV bidang IT dan kerja sama bapak Prof.Dr.Phil.Ikhfan Haris,M.Sc serta Kepala Biro akademik dan kemahasiswaan dan perencanaan ibu Zumriaty Husain Mohamad,S.Pd,M.Pd.

kepala Perpustakaan UNG bapak DR.Ismet Sulila,SE,M.Si menyampaikan pengantar kata tentang kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 melalui program kerja dari tiga kepala Bidang yang ada dalam struktur organisasi Perpustakaan UNG yaitu

kepala Bidang Publikasi dan Hubmas yang diketuai oleh bapak  Roni Lukum,S.Pd.M.Sc,dengan program kerja yang akan dilaksanakan sebagai berikut :

1. Bedah buku,

2. Program pelatihan jurnalis bagi para pustakawan,

3. Pelaksanaan Pameran,4. Pemutaran film pendidikan dimaksudkan  untuk mendukung   visi misi Universitas Negeri Gorontalo.

 Kerja sama dalam dan luar negeri yang diketuai oleh bapak DR. Abid,S.S.,MA.TESOL dengan program kerjanya sebagai berikut :

1. Pengembangan Perpustakaan Desa berbasis Inklusi Sosial,

2.Duta baca,

3.Penulisan karya ilmiah,

4. Pelatihan penulisan karya ilmiah,

5. Pelatihan penelusuran refrensi dalam database bereputasi dan

6. Melanggan Database Bereputasi.

 Serta program kerja dari bidang IT yang diketuai oleh bapak Alfian Zakaria,S.Si,M.T dengan program kerjanya sebagai berikut :

1. Pelatihan layanan Perpustakaan di Era digital,

2. Pelatihan operator Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme (turnitin),

3. Launching Aplikasi pendeteksi plagiarisme (Turnitin),

4. Lomba pembuatan Vidio Literasi Tingkat Mahasiswa dilingkungan UNG.

5. Pembuatan Aplikasi e- Skripsi.

 Dalam sambutannya,Rektor UNG bapak DR.H.Eduart Wolok,ST,MT sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh kepala Perpustakaan UNG, tentang agenda yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Namun ada beberapa penekanan dalam mewujudkan eksistensi Perpustakaan UNG, supaya dapat beradaptasi dengan lingkungan kemajuan setiap lapis generasi. Beliau berharap pihak Perpustakaan dapat mengantisipasi  lapis generasi mileneal dalam memanfaatkan Perpustakaan. Seperti menghadirkan bacaan yang digemari oleh kalangan milineal. Bahkan bapak Rektor berkelakar Perpustakaan dapat memutar Film pendidikan atau film Drakor (drama Korea) yang digemari oleh generasi milineal, tetapi dihubungkan dengan kajian akademis. Itu artinya Rektor UNG setuju bila Perpustakaan melaksanakan pemutaran film-film pendidikan yang dikaji melalui kajian akademik. Adaptasi Perpustakaan diperlukan untuk mendorong animo mahasiswa dalam memanfaatkan Perpustakaan. Sekalipun Bapak Rektor UNG menyampaikan di tahun 2020 pengunjung Perpustakaan tembus diangka 15.000 dengan jumlah mahasiswa UNG sekitar 20.000 dimasa pandemi ini. Kondisi ini dianggap sebagai suatu ukuran bahwa pelayanan Perpustakaan telah melaksanakan fungsi Perpustakaan sebagai pusat data senter ilmu pengetahuan bagi kalangan mahasiswa. Namun tetap berusaha agar Perpustakaan tetap dapat mengantisipasi lapis generasi saat ini.

Bahwa Perpustakaan UNG akan menjadi rujukan bagi kalangan mahasiswa baik dari mahasiswa Gorontalo maupun diluar Gorontalo,  bahkan bagi stake holder yang ingin membutuhkan data hasil Riset Toluk Tomini. Dalam mewujudkan harapan tersebut, Rektor UNG berharap kepada kepala Perpustakaan untuk mempersiapkan server khusus untuk penyimpanan data hasil-hasil riset yang ada pada kawasan Toluk Tomini. Artinya Perpustakaan UNG akan menjadi data center bagi daerah dan masyarakat yang ingin mengetahui potensi yang ada diwilayah kawasan Toluk Tomini.

Agenda

10 Maret 2021

"Bincang Literasi " bersama Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama ( Prof.Dr.Agus Sartono,MBA)

Membuka bincang Literasi dengan memperkenalkan Deputi.Tema yang akan dibahas adalah" Mahasiswa,Literasi dan Indonesia Emas 2045 dalam buku Jejak Sang Guru

16 Februari 2021

MUSKER UPT - PERPUSTAKAAN

Musyawarah Kerja yang mengagendakan program kerja 2021 yang dihadiri oleh Bpk. Rektor Universitas Negeri Gorontalo yang dilaksanakan di gedung perpustakaan lantai 4 jam 13.00 wita

23 Oktober 2019

OBROLAN BUKU

Revolusi Sehari-hari Aspirasi Pendidikan dan paradoks perubahan yang akan dilaksanakan:
pada hari : Rabu,23 Oktober 2019
Pukul : 09.00 wita
Dilaksanakan di Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Gorontalo

30 September 2019

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971,dengan tema " Ke Gorontaloan Dalam Dokumentasi "
Yang akan dilaksanakan pada hari senin 30 september 2019 pukul 14.00- 17.00 wita yang bertempat di gedung UPT-Perpustakaan lantai II .