Webiner Efektifitas perpustakaan

Oleh: Bambang Irawan . 22 Desember 2020 . 13:00:08

                  Acara Webiner yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 22 desember 2020 jam 09.00-12.00 yang dilaksanakan menggunakan media internet menggunakan zoom meeting yang dihadiri oleh pustakawan-pustakawan yang ada di provinsi Gorontalo,anggota FPPTI dan IPI Provinsi Gorontalo.dan sebagai nara sumber dan pembuka acara oleh Bapak Syahrudin S.Pd,.M.Pd.

                Di dalam acara tersebut membahas tentang efektifitas pengelolaan perpustakaan dan peningkatan minat baca diProvinsi Gorontalo.Masyarakat Gorontalo masi kurang peduli dengan membaca oleh karena itu didalam webinar ini bagai mana cara efektifitas pustakawan mengajak memotivasi masyarakat khususnya Gorontalo agar meningkatkan gemar membaca karna dari membaca kita menjadi tau dan banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Didalam presentasi Hans Ruchban S.Pd Selaku Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI) Menyampaikan Presentasinya Pentingnya Membaca didalam dunia sekarang ini :

1. Membaca adalah kegiatan dengan panca indra mata yang kemudian diproses lebih lanjut menggunakan akal. 2. Membaca adalah kegiatan menggali informasi dari tulisan. 3. Membaca sangat bermanfaat untuk kita, selain meningkatkan pengetahuan juga membuat wawasan kita menjadi luas. 4. membaca kita dapat mengetahui berbagai pengetahuan, tanpa harus melihatnya secara langsung.

Beliau juga menyampaikan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi sekarang ini semakin canggih. Akan tetapi tidak diimbangi dengan penggunaan, pengawasan, pengendalian yang baik. Generasi muda merupakan pengguna terbesar kemajuan teknologi informasi ini. Tersedia banyak media audio visual seperti  TV, komputer, handphone, VCD, tape recorder, dan lain–lain sangat memanjakan penggunanya. Tanpa kita sadari kemanjaan sangat menyita waktu. Sehingga generasi muda kita terlelap dalam kemanjaan dan tidak memiliki waktu untuk kegiatan membaca.

yang terakhir Hans Ruchban S.Pd Mempunyai kiat dan Strategi Meningkatkan Minat Baca:

1. Meningkatkan jumlah dan  layanan perpustakaan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat, dengan dibangunnya Perpustakaan Nasional dan perpustakaan daerah (di tingkat propinsi, kecamatan, dan  desa).

2. Membudayakan cinta baca mulai dari keluarga, dengan menumbuhkan minat baca sejak dini kepada anak-anak seperti melalui buku cerita atau buku bergambar. Membawa anak-anak sesering mungkin berkunjung ke pusat-pusat buku, perpustakaan, taman bacaan, toko buku,  dll.

3. Menyediakan progam wajib baca baik dalam keluarga maupun lingkungan sekolah.

Agenda

23 Oktober 2019

OBROLAN BUKU

Revolusi Sehari-hari Aspirasi Pendidikan dan paradoks perubahan yang akan dilaksanakan:
pada hari : Rabu,23 Oktober 2019
Pukul : 09.00 wita
Dilaksanakan di Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Gorontalo

30 September 2019

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971

Refleksi 48 tahun seminar adat 1971,dengan tema " Ke Gorontaloan Dalam Dokumentasi "
Yang akan dilaksanakan pada hari senin 30 september 2019 pukul 14.00- 17.00 wita yang bertempat di gedung UPT-Perpustakaan lantai II .

16 September 2019

Bincang sekaligus Peluncuran Buku "Tupalo" Kata dan Rupa Gorontalo.

Yang diadakan di UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo Senin, 16 September 2019 Pkl.15.00-17.30 wita Pematik Diskusi Budianto Sidiki ( Kepala Bapeda Provinsi Gorontalo ), Wayan Sariyoga parta (Kurator), Alim S.Niode ( Budayawan), Muhammad Djufryhard ( Moderator )

17 Agustus 2019

OBROLAN BUKU

Kebangsaan, Keterasingan, dan Kencendekiaan Sultan Sjarir, 1909 - 1996yang akan dilaksanakan Pada Tanggal 17 Agustus 2019 Pukul 09.00 wita bertempat Gedung UPT-Perpustakaan Lantai II Universitas Negeri Gorontalo